Cara Bermain Jazz dalam Keyboard Pemula

Cara Bermain Jazz dalam Keyboard Pemula

How to Play Jazz on keyboard music instrumentfor beginner



Cara Bermain (berlatih) Jazz YG Sangat Mudah

chord CM7 (Left Hand).....
(Right Hand) - G = do ( g - a - b - c - d - e - f# - g )

Style : Swing, Tempo 130
Style : 16 beat / Funkjazz, Tempo 90

NB. 
pertama memang terasa agak terdengar Fals, tapi lama kelamaan mulai enak di dengar.
Selamat Mencoba


referensi dari : http://www .keyboardiz.com/?p=forum&id=2447

saya juga dapet dari yahooanswer :
http://id .answers.yahoo.com/question/index?qid=20100226211922AAshgwH


Banyak berlatih not-not musik dengan tempo cepat. Coba pelajari dari buku "Adam Schmit".

materi referensi:

I'm a pianist.

berikut juga saya berikan materi referensi dari : 
http:// musicandvocal.blogspot.com/2010/12/bermain-musik-jazz.html

Bermain muSik jazz

Bermain musik jazz, diperlukan kepekaan, dan kesabaran. Untuk itu, musik ini termasuk musik mahal. Karena lumayan sulit untuk bisa memainkan musik ini.
Demikian diungkapkan Benny Fajar, Instruktur musik di Chic’s musik, yang bertempat di Ruko Golden Boulvard BSD-City. Dia juga mengatakan, musik jazz lebih bervariatif baik dalam cara memainkan alat, dan menyayikannya. Salah satu tingkat kesulitan memainkan musik jazz lanjutnya, yaitu cara penggunaan kuncinya.
Kunci yang digunakan bukan lagi memakai kunci dasar seperti pada musik pop atau rock. Tapi sudah harus memakai kunci variatif. “ Kalau pada musik rock atau yang lainnya, jika menggunakan kunci C ya kunci C saja. Tapi di Jazz terdapat kunci C 6, kemudian C 6 setengah, dan lainnya. Dan musik ini juga terkesan eksklusif,” jelas Benny, Senin (15/12). 
“Mendengarkan musik jazz cocoknya di tempat-tempat mewah seperti hotel, kafe, mal dan restoran mahal. Makanya dari itu, musik ini disebut musik mahal. Selain itu, pemilihan not dan ritem yang dikemas menimbulkan kesan yang mahal,” tuturnya.
Tingkat kesulitannya terdapat pada scale (tangga nada), atau lebih jelasnya merangkai nada. Kemudian krotnya lebih banyak variasi, dan swing feel (mengikuti ketukan), tidak sama dengan musik lainnya. “Musik jazz ibarat satu bahasa not. Dan untuk bermain musik jazz, dianjurkan paham dasar bermain musik, ” katanya singkat.
Dibutuhkan minimal enam tahun, untuk bisa memainkan musik jazz. “Tapi ini juga tergantung tingkat kecerdasan orang tersebut. Karena dalam belajar musik ini dibutuhkan kepekaan, dan kesabaran,” kata Benny.
Lagu bisa disebut jazz apabila bila di dalamnya ada ritmix, maksudnya, harus ada improfisasi. Karena musik jazz lebih pada berkata-kata dalam nada. Improf sendiri artinya membawakan kembali lagu menurut si penyayinya.
Benny memberikan contoh, lagu donal bebek, improf-nya sesuai yang dibawakan kita, tapi bait lagu harus sama dengan aslinya. “Yang membedakan jazz dengan musik lain, dalam musik jazz ada improfisasi, sedangkan pada musik rock dan yang lainnya tidak ada,” jelasnya.
Untuk itu, agar cepat bisa bermain jazz, Benny menganjurkan khususnya bagi pemula, harus banyak mendengarkan musik jazz, latihan secara rutin dan peka. Artinya peka terhadap setiap ketukan dan serasi dengan tangga nada. (cr-4)

 
 
memang tidak mudah membuat anak menyukai musik atau paling tidak memiliki kualitas musikal yang baik.
Di bawah ini kami pilihkan beragam cara untuk mengajak anak mengenali musik berdasarkan bimbingan para pengajar gita niti para samya dan berbagai sumber pembelajaran musik anak.untuk anak usia 2 sampai 6 tahun :1. Ikutilah kemauan mereka misalnya kursus musik dan kursus anak. Pahamilah bahwa mereka masih suka bermain, jangan sampai mereka jadi terbatasi atau sebaiknya bawalah anak anda ke tempat kursus musik.2. Kenalkan musik kepada anak melalui kursus musik dan kursus anak, bisa dengan memutarkan rekaman lagu atau mengajak mereka nonton pertunjukan musik.3. Pancinglah dengan alat-alat musik yang ada dikursus musik anak. Perdengarkan bunyi-bunyian alat musik. Jika anak mulai mengerti, baru diarahkan. Jangan memaksa anak belajar alat musik tertentu.4. Kalau anak lambat mengerti, gunakan pendekatan psikologis. Jika ada guru pembimbing seperti di kursus musik anak, mintalah agar guru itu tidak hanya memberikan menjejalkan materi, tapi juga memahami psikis anak tersebut.5. Orangtua sang anak sebaiknya menambah pengetahuan musik dengan membaca buku-buku atau modul-modul tentang musik. Jika orang tua memahami yang dipelajari anak, ia akan mendukung secara positif.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by bahtiar abdurrachman, Published at 07.07 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar