Bagaimana Menulis Partitur Not Angka dan Balok

Bagaimana Menulis Partitur Not Angka dan Balok

Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh

Lama sekali kite tak jumpa ni, hampir tak ada waktu kosong yang bisa kuisi untuk menulis di blog ni, bukannya tak ingin, namun sedikit sibuk saja, kali ini saye nak bahas bagaimana menulis not balok dan not angka, tapi saye tak mahir dalam bidang ni, jadi saya nak copy saje dari blog lain, mudah mudahan bermanfaat untuk kawan kawan yang sedang ingin tahu caranya membuat partitur.

tulisan kali ini disadur dari blog kandangjagoblog dan di publish melalui fitur blog pada wordpress, langsung saja ya .

sebenarnya banyak kok, cara cara menulis khususnya dengan menggunakan komputer untuk menulis partitur lagu baik dengan not angka maupun dengan not balok.

Menulis  partitur not angka umumnya hanya dilakukan untuk lagu lagu di indonesia untuk keyboard, bernyanyi maupun paduan suara, berbeda dengan itu, biasanya yang digunakan dalam dunia musik dunia itu mengunakan not balok.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis partitur lagu, not angka juga not balok yaitu dengan menjaga struktur/kerapihan, cukup mudah untuk dibaca, dan juga ada beberapa patokan yang perlu disimak, terutama jika anda berencana untuk menerbitkannya dalam sebuah buku kumpulan lagu grup vokal atau padus.
Standar untuk menulis partitur lagu, yaitu :
  1. Memilih font (jenis dan ukuran huruf) untuk Judul, Nama Komposer/SongWriter/Arranger/dan lain-lain.
  2. Menentukan Margin atau batas kiri, kanan, atas dan bawah dari halaman partitur lagu.
  3. Meletakan nomor halaman, footer untuk copyright (termasuk pemilihan jenis dan ukuran font).
  4. Menentukan Ukuran not (not angka dan not balok), ukuran syair, jarak antar suara satu dengan yang lainnya (jarak antar staff), jarak antar baris (kelompok suara SATB atau system), dan sebagainya.
  5. Memahami patokan untuk dinamika, penulisan tempo, dan lainnya.
  6. Banyak lagi cara yang perlu diatur secara standar supaya memudahkan para pengguna (penyanyi dan pemain musik) untuk membaca partitur lagu yang digunakan.

Menulis / Mengetik Partitur Lagu Not Angka

Berbagai cara menulis atau mengetik partitur lagu not angka di komputer sampai saat ini masih dilakukan secara manual. Belum ada program khusus (software komputer untuk musik) yang dibuat secara istimewa untuk menulis partitur lagu not angka. Mengapa?
Karena partitur lagu not angka hanya digunakan di Indonesia saja (ada satu atau dua negara lain yang juga menggunakan sistem not angka ini, tapi penulis lupa negara mana yang dimaksud).
Cara yang paling sederhana dalam mengetik partitur lagu dengan not angka di komputer adalah sebagai berikut :
  1. Menggunakan software word-processor atau program pengolah kata yang banyak sekali didapatkan di hampir setiap komputer yang ada. Contoh program komputer yang dapat digunakan yaitu : Microsoft Word, iWork (untuk pengguna dalam platform Macintosh), LibreOffice (free download openSource), dan sebagainya.
  2. Memakai font yang dibuat secara khusus untuk penulisan not angka ini. Font jenis ini (font not angka atau notasi angka) sekarang sudah banyak beredar di internet. Karena dengan font not angka (notasi angka) ini, penulisan titik bawah (suara rendah), titik atas (suara tinggi), nada naik dengan coret miring ke kanan, nada turun dengan coret miring ke kiri, garis nada (per delapan, per enambelas, dan sebagainya), tanda lagu seperti garis birama, fermata, segno, coda, dan lain-lain akan mudah dilakukan.
  3. Membuat template dari software atau program komputer yang digunakan, yaitu untuk mengatur jarak antar nada, jarak antar baris suara, jarak antar sistem, margin, dan sebagainya. Pembuatan template ini untuk memudahkan saat akan menulis atau mengetik partitur lagu not angka ini.
Contoh lagu yang diketik dengan not angka (klik pada gambar untuk membesarkan dan saat gambar sudah muncul bisa dizoom – diperbesar dengan mengeklik pada gambar) :

Menulis / Mengetik Partitur Lagu Not Balok

Cara yang paling mudah untuk menulis partitur lagu adalah dengan menggunakan not balok. Not balok digunakan sebagai standar internasional untuk para penyanyi dan musisi. Karena standar internasional inilah maka banyak pengembang atau developer yang membuat software atau program komputer khusus untuk menulis not balok.
Tidak banyak hal yang bisa disampaikan disini mengenai cara menulis atau mengetik partitur lagu dengan not balok, karena semuanya sudah tersedia pada program komputer atau software penulisan not balok itu sendiri.
Contoh software atau program komputer yang digunakan untuk menulis atau mengetik partitur lagu dengan not balok :
  • Sibelius
  • Finale
  • MuseScore (OpenSource, free download dan ada versi portable yang tidak perlu diinstall di komputer)
  • Encore
  • dan lain-lain.
Contoh lagu yang diketik dengan not balok (klik pada gambar untuk membesarkan dan saat gambar sudah muncul bisa dizoom – diperbesar dengan mengeklik pada gambar) :






share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by bahtiar abdurrachman, Published at 02.11 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar