Pahami dulu solmisasi dan chord piano!

Pahami dulu solmisasi dan chord piano!


Mengerti solmisasi dan chord sebelum belajar piano 


Seperti yang biasa kita lihat dalam partitur lagu nasional, ataupun lagu wajib, biasanya terdapat angka  1 2 3 4 5 6 7  1’, angka itu merupakan hasil dari solmisasi dari nada dengan jarak tertentu, jarak tertentu itu biasa disebut jarak nada, atau memang seharusnya disebut jarak nada   :p
Angka angka tersebut tidak disebut satu dua tiga, dll. Tapi disebut do re mi fa dkk. Tentunya sudah banyak yang tahu kan ya?
Setiap angka tersebut memiliki jarak nadanya masing masing lho!,  contohnya begini,
Do > Re, jarak nada dari Do ke Re memiliki panjang  1 jarak nada. Begitu halnya dengan nada Re >Mi juga memiliki jarak 1 satuan nada, begitu seterusnya! tapi ada yang perlu diperhatikan dengan dua pasang nada ini  Mi > Fa dan Si > Do , kedua pasang nada itu memiliki jarak ½ jarak nada.

Setelah kita mengetahui tentang solmisasi sekarang kita akan belajar chord, kita gak perlu menghafal chord yang bejibun jumlahnya, kita Cuma perlu paham bagaimana chord  C terbentuk, lalu bisa kita terapkan ke Chord D, E, F, G, A, B!
Sebelumnya kita harus mengetahui, jarak jarak nada pada tuts piano atau keyboard yang kita punya, mungkin sebagian dari pembaca telah mengetahuinya, tapi akan saya ulas lagi ya!
Dalam papan piano/keyboard terdapat tuts hitam dan putih, yang hitam kecil diatas, yang putih besar berbaris dibawah (dalam hal ini tergantung produsen mewarnai tuts),  kita lihat pada barisan tuts putih yang memiliki dua tuts hitam diatasnya, sedikit sulit dijelaskan ya, kalo tanpa gambar, hehe..
Okee lihat kan? Disana sudah tertulis, jarak antar kedua tuts putih tanpa tuts hitam ditengahnya adalah setengah jarak nada, jarak antar tuts hitam adalah setengah jarak nada, jarak antar tuts hitam dengan tuts putih adalah setengah jarak nada.
Sekarang kita masuk ke chord,

Chord merupakan kombinasi dari tiga nada, dan broken chord merupakan kombinasi lebih dari tiga nada, lebih jelasnya lihat gambar deh,,,

Gimana sudah lihat kan? Sekarang kalau mau tahu chord d, kita yang sudah kita pelajari sebelumnya.. lihat gambar..



praktikan solmisasi
Karena dari chord c ke chord d naik satu nada, ingat? 1 1 1 ½ 1 1 1 ½ 1, maka sub chord dari D pun mengikuti jarak nada pada tuts piano, memang agak sulit, mudah mudahan kita semua paham.
Saya mendapati materi ini dari blognya om dedi nestoriko sinaga, ada file slideshownya, silahkan didownload dari blognya om sinaga.

Credit to / download file slideshownya di sini >> cara-belajar-piano-secara-otodidak oleh blog batak

terimakasih

bakat merupakan anugerah dari Allah SWT, namun bukan berarti tanpa bakat kita tak bisa, ada jalan lain !  bekerja keraslah, bersunguh-sungguhlah! berdoalah! :)




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by bahtiar abdurrachman, Published at 06.42 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar